Pendekatan Dakwah Almaghfurlah Simbah Kiai Kholil

Santri Pulang Mengaji ( gambar : https://burhnfadlie.blogspot.co.id)


KH. Kholil lahir sekitar tahun 1880 an beliau adalah tokoh yang menjadi cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Al Hikmah. Beliau belajar di Mangkang kebumen, kemudian ke pondok kuno di Sindang Laut. Beliau lebih menghabiskan waktu belajarnya di Mangkang, antara Kaliwungu dan Semarang dari tahun 1900-1910.

Sejak kecil beliau dikenala sebagai orang yang pendiam, sabar dan melambangkan orang yang tekun. Sebagai bukti semua kitabnya terdapat apsahan atau makna gandulnya. Selembarpun tiada yang kosong. Ilmu yang beliau kuasai cukup luas seperti ilmu alat dan ilmu fikih. Yang lebih menonjol adalah kitab fikihnya. Beliau juga menguasi ilmu arudl, senang menulis syair dan doa sehingga menjadi satu kitab yang ditulis dengan tangannya sendiri.

Beliau adalah orang pertama kali dipanggil kyai di desa Benda. Setelah pulang dari studinya di Pesantren. Beliau mengajar di rumahnya sendiri. Beliau juga mengadakan pengajian umum untuk masyarakat Benda.

Beliau tidak aktif dalam organisasi tetapi beliau lebih aktif dalam dunia pendidikan dan dunia dakwah. Dakwah beliau lebih banyak dengan menggunakan metode ‘Lisanul hal’ yaitu dengan tingkah laku atau menjadi suri teladan.

Kalau mengajak orang untuk melaksanakan shalat, beliau datangi rumah orang tersebut, berbicara masalah shalat dan fadhilahnya, serta memberikan tata cara shalat yang benar dan lain sebagainya. Apabila orang yang didatangi tidak memiliki sarung, beliaupun membelikannya.

Kalau ada orang panen, beliau datangi rumahnya dan memberi contoh cara-cara menimbang yangbaik dan cara mengeluarkan zakatnya.

Pernah suatu ketika terdapat kotoran ayam di masjid, beliau langsung mengambil kulit kelapa dan meminta orang yang berada disitu untuk mengambil air, kemudian diajari cara membuang najis.

Dalam memberikan pelajaran beliau terkenal sangat disiplin. Baik yang datang atau sedikitpun beliau tetap mulai pengajian, kitabnya kemudian dibuka dan dibaca sendiri sambail muthala’ah.

Beliau sangat senang memilihara air, sebab air sebagai ‘ummul ibadah’ (pokonya sarana ibadah) untuk thaharah. Beliau membuat bak air yang ukurannya lebih dari dua kulah kemudian menyalurkannya ke masjid dan mushala-mushala.



---disadur dari Majalah El Waha Edisi XX

Comments